Kebutuhan Sapi Kurban di jawa barat aman

BANDUNG - Kebutuhan sapi untuk kurban di Jawa Barat tahun ini diprediksi aman. Jumlah sapi yang ada diprediksi mampu menutupi kebutuhan yang ada. Kepala Dinas Peternakan JawaBarat, Koesmayadi, mengatakan belum lama ini pihaknya mengumpulkan data jumlah sapi di Jawa Barat.

"Dari 27 kabupaten/kota, data yang terkumpul baru dari 20 daerah," ujar Koesmayadi, di Bandung, Jawa Barat, Senin (7/10/2013).

Dari 20daerah itu, jumlah sapi yang terdataada sekira 62 ribu ekor. Sedangkankebutuhan sapi untuk kurban di dua daerah itu sekira 42 ribu.

Jumlah itu diprediksi mampu menutupi tujuh kabupaten/kota lainnya. Apalagi tujuh kabupaten/kotalainnya juga memiliki ketersediaan sapi kurban sendiri.

"Insya Allah kebutuhan sapi untuk kurban nanti terpenuhi," ungkap Koesmayadi, Senin (7/10/2013).

Meski aman, ada kendala dalam menghadapi Idul Adha kali ini. Harga sapi melejit dan diperkirakan akan mencapai Rp52 per kilogram hidup. Sedangkan tahunlalu hanya di kisaran Rp35 ribu per kilogram hidup.

"Jadi kalau ketersediaan sapinyaaman, tapi harganyamahal karena bakalan sapinya juga mahal," jelasnya.

Dengan mahalnya sapi, warga kemungkinan akan banyak yang memilih domba atau sapi untuk hewan kurban. Tapi harganya juga diperkirakan naik karenaitu merupakan tren yang terjadi setiap menjelang Idul Adha.

Meski begitu, jumlah domba atau sapi juga diprediksi aman. "Populasi dombaatau kambing di JawaBarat ini cukup aman (untuk memenuhi kebutuhan kurban)," tegas Koesmayadi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Proses Desain 3D dan Setting CAM untuk di aplikasikan pada mesin CNC | Part 1

Tutorial Desain 3D untuk pengaplikasian pada mesin CNC, dari mulai desain CAD / membuat objek yang akan di eksekusi sampai pada tahap pe...